a
Welcome to Reviewer Cantik
Instagram Feed
Follow Me
Reviewer Cantik > Make Up Review  > TIPS Menangani Kulit Kering di Musim Dingin

TIPS Menangani Kulit Kering di Musim Dingin

Halo… aku mau share pengalaman aku mengunjungi negara bersalju selama sekitar dua minggu. Karena aku summer lover, alias lebih cocok dengan iklim hangat/ sunny, dan sudah biasa di iklim kering, ketika tinggal cukup lama di musim dingin/ salju, kulitku kena dampaknya.

Sudah banyak yang tahu bahwa musim dingin menyebabkan kulit super kering. Bahkan bule warga asli disana pun akan mengalami pengelupasan kulit karena kondisi kulit yang kering selama musim dingin. And so did I.

Kulitku menjadi kering, ada bercak putih maupun coklat akibat kulit yang bersisik karena kering. But I managed it sampai kembali ke kondisi kulitku yang normal. Nah, bagi kamu yang mengalami kekeringan kulit kalau ketemu cuaca/ iklim dingin, berikut tips dari aku:

  • Body Oil…Lotion, body cream, body butter aja ga cukup! Aku uda pake semua, tapi tetap kering. Kalau kulit wajah mungkin bisa diakali dengan menambahkan serum dan pelembab. Tapi masa kita mau pakai serum di kulit badan? Mahal euy… sayang. Bisa lebih sayang sama harganya daripada sama kulitnya. Huahahaha…

So… selalu gunakan olive oil atau pelembab kulit berbahan minyak selagi mandi. Khususnya kalian yang suka berendam di bath up. Bersihkan kulit dengan sabun, bilas, lalu gunakan minyak pelembab tersebut. Agar tidak lengket, bilas dengan air namun jangan sampai kesat. Kulit akan terasa kenyal dan lembab. Body oil bisa kalian beli di toko-toko dengan harga yang varian. Tapi kalau aku pake serum oil-nya Beauty.Spells (klik untuk lihat product), yang actually serum wajah, tapi berhubung harga-nya ga terlalu mahal, aku pake aja buat badan. Hehehe…

  • Body Butter… Setelah menggunakan body oil/ olive oil/ argan oil, apapun itu, keringkan kulit kalian dengan handuk, tepuk ringan saja, jangan digosok dengan handuk, karena kalau digosok, body oil yang kalian gunakan akan hilang. Gunakan body butter. Di kondisi kulitku, body lotion tidak cukup saat winter, so I preferred body butter agar seharian kulitku terjaga kelembabannya. Aku pakai the body shop, frosted plum karena cocok banget aromanya dengan winter. Haha.. maklum aku agak imajinatif orangnya. Jadi beginian dipikirin. Hehe..
  • Kalau kalian malas menggunakan body oil saat mandi, kalian bisa campurkan body oil dengan body butter yang kalian gunakan. Tapi hal ini bisa merubah aroma dan mungkin lebih lengket. So, it’s up to you, guys.
  • Serum untuk wajah. Selalu gunakan serum. Berhubung kulitku semakin cepat kering karena penambahan umur juga… ehm.. hiks… aku menggunakan serum yang bahannya dari minyak juga, namun gak lengket. Serum rosehip oil dari @Beauty.Spells juga. Silahkan kalau mau dicek. *Bukan endorsement*
  • Pelembab wajah. Aku menggunakan pelembab yang tetap mengandung SPF 50 (karena suka naik gunung dan jalan-jalan) berbahan liquid, agar tidak se-‘heavy’ pelembab krim. Jadi walaupun pakai produk berlayer, tetap gak menyumbat pori dan menyebabkan komedo. Pelembab yang aku pake dari Lancome Energie de Vie.
  • Lip balm! Ini wajib dibawa kemana-mana.
  • Hand lotion/ hand cream. Kulit tanganku sempat agak pecah karena aku suka cuci tangan. Biasanya aku ga perlu hand lotion, tapi saat winter ini, ternyata kulit tanganku minta perhatian khusus. Jadi deh beli hand cream.
  • Shampoo yang mengandung conditioner. Lebih baik bawa shampoo dengan conditioner yang sudah jelas cocok dengan rambut kamu daripada coba-coba merk baru. And FYI, ga semua shampoo hotel pun cocok di rambut kita. Daripada tiba-tiba kering/ lepek sekali saat liburan, lebih baik bawa saja yang sudah jelas cocok.

Voila… Kulitku survive dari iklim salju di Switzerland dan sekarang sudah balik lagi ke kondisi kenyal dan lembab. Semoga bermanfaat buat kalian yang mau liburan ke negara bersuhu dingin yah..

Fransisca Realita

Owner

I love beauty and food. Moreover, I love creating them. I share my beauty reviews, cooking tips & recipe, and also some stories that have taught me a lot.